Perjalanan Kembar

Ini perjalanan menjelajah Indonesia. Menuju dua lokasi yang berbeda, menuju dua pulau yang berbeda, juga dalam waktu yang berbeda. Tapi keduanya memiliki suasana yang hampir sama. Suasan yang tak terlupa, dan menjadi kenangan sampai lama…

Pertama tahun 2012 ketika menelusuri jalan sepi ke Barongtongkok (Sendawar) Kutai Barat. Yang kedua adalah menelusuri tanah Papua di Teminabuan Sorong Selatan tahun 2022. Keduannya kabupaten dengan ibukota sebuah distrik atau kecamatan tua yang dibangun mungkin sudah puluhan tahun lalu.

Poros Balikpapan-Melak (Kutai Barat) adalah jalan berliku yang membelah Kalimantan Timur. Ke Teminabuan merupakan penelusuran jalan berkelok di kepala burung Papua Barat.

Jalan ke Kutai Barat disuguhi perkebunan sawit yang luas seperti tak bertepi. Ke Sorong Selatan juga ada kebun sawit. Ke Sendawar akan menjumpai ratusan tambang batubara. Ke Teminabuan bisa kita temukan pengebor minyak yang mengangguk-angguk.

Di Teminabuan ada hutan kota di tengah kompleks kantor bupati, di Sendawar juga ada. Lapangan luas membentang di depan kantor bupati Kutai Barat, pun demikian di depan kantor bupati Sorong Selatan.

Di Sorong Selatan bisa melihat panorama langit hitam dengan latar belakang putih. Tidak demikian di Kutai Barat. Di Sorong bisa mendengarkan kicau burung alam di pagi hari….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

code